JERITAN HATI dari kami yang TIDAK PUNYA ITO KANDUNG!!

makaseh modi yg lolosin tanggapan ini.

wahhh…sebelum nimbrung untuk masalah ini, enggak salah deh kalo tanya dan minta pendapat sama natua-tua kita euy…

yg terhormat ‘natua-natua’ dan seluruh anggota yg ada di milis ini semuanya…
boleh minta pencerahan serta obor-nya kah…??
(jangan pelit-pelit dunk bagi2 pendapat…hayaaa…maaf tu hamu sude na pinarsangapan)

status anak tunggal bisa jadi masalah…
(hihihii…kesian amat lu anak tunggal? ups!!?? jahat banget lu, di!! maaf dan tebarkan senyumnya)
Makaseh sis Juanita br SILALAHI atas sharing ini.

saya pribadi bukan anak tunggal tetapi saya mempunyai adik perempuan juga so kami hanya berdua bersaudara kandung, perempuan semua pulak, bah!
kebayang dunk untuk Orang Batak yang HANYA punya anak boru doank TANPA anak!!
11 12-lahhhh masalah anak tunggal dengan mereka yg TIDAK punya ito…beda tipis kata orang untuk masalah TULANG ini…kekekekekkkkk…k

saya juga mengalami hal yang sama yang dirasakan dalam konteks sharing ini…yaa ituuu…tu.. ‘kelak tidak akan punya seorang tulang kandung’.
dan saya sangat sangat yakin kalau masalah ini HANYA dan SANGAT dapat dirasakan bagi mereka yang mengalaminya yaaaa seperti anak tunggal perempuan, seperti saya dua saudara kandung yang notabene enggak punya ITO KANDU-aNG!!

ada selentingan seperti itu sangat membuat hati saya tersentil untuk ambek deh..wahhh rasanya gimanaaaa gicthu…
secara pribadi saya tidak mempermasalahkan masalah tersebut mungkin saat itu saya tidak mau ambil pusing dengan masalah tidak punya ito tersebut…
yg mau nikah emang sapa sehhh…??
mang gue peduli dengan itu?
mang dia mau nikah sama ito gue, apaaa?
arggghhh…
itu yang terlintas dalam fikiran saya duluuuuu dan sekarang…hehehehe…

tapiiiiiiiiiiiii…selentingan seperti itu bagi bapak-mama saya, bagaimana dunk??
heheheh…saya peduli bahkan sangat peduli bouw!!??

dari kecil hingga kami berdua menikah (catat menikah yeee…) saya selalu melihat Mama br MANURUNG hu ituuuu hmmm…selalu kecil hati jika orang berkata, ‘oOo, anaknya semua perempuan tho?’
alamakkkkk…mama borMAN hu itu sih so pasti tahan perasaan teruss sebelum beliau mempunyai dua orang cucu lucu, laki-laki semua nehhh…ini fakta yang bicara!
kenapa?
wong beliau kok yang melahirkan kami dan nyatanya? semua anak beliau adalah boru, PEREMPUAN!!
beliau perempuan BATAK, coyyyyyy…
(mam, I love you so much)

balik lagi ke masalah ini..
bermasalahkah status anak tunggal (boru) dalam adat Batak yang nantinya keturunannya TIDAK mempunyai TULANG KANDUNG?
jawab saya adalah YA dalam hal rumpian Orang Batak!!
bukti nyata ada, tidak usah jauh-jauh deh, di saat mulai ada perbincangan pernikahan baik diri saya sendiri maupun adik saya, masalah tersebut mancuak ke permukaan…

semenjak ada selentingan seperti hal sharing ini (biasalah, rumpian ORBA), di saat acara pernikahan mulai dibicarakan, saya beranikan diri bertanya sama bapak-mama, apakah ini memang akan menjadi masalah di kemudian hari, terutama bagi hati mereka berdua…
dengan bijaksana mereka berdua menjawab, kamu punya ito, ‘nang’ (maksute anak bapak tua ku dari bapak) jadi kalaupun kamu mempunyai anak, anak mu akan punya tulang. jangan kamu merasa minder atawa kecil hati karena kamu TIDAK PUNYA ITO!!

okelah kalau demikian mah, saya lihat ke dua orang tua saya tidak ada masalah, berarti jalan tooruuuusssss…
(lha…katanya orang batak punya struktural adat? dimana nehhh buktinya…apa kata dunia woiiii)
so dengan kata lain baik dari jaman saya, adik saya hingga masalah ini diungkapkan sis Juanita, masih ada kok?
salah enggak?
maka dalam asumsi saya, jaman sebelum saya, jaman setelah sis Juanita keluarkan sharing ini, masalah ini akan terus dikeluarkan ke permukaan…hehehehehe…

Jawab saya adalah TIDAK dalam hal Adat Batak!!
(versi saya tentunya)…kenapa?
buktinya saya beserta adik saya menikah dengan Adat Batak yang lengkap dan lancar.

emang kadang-kadang neh orang yang suka ngerumpi dan isenk yak?…hmmm…
semua hanya bisa ngerumpi, bahas sana-sini, ini sebenarnya tidak apa-apa, kalian begini begitu…huh!!
kami ini juga boru batak euyyy, wanita juga nehhh, punya jeritan hati tauuuuu…
jaman geneeee gitchu lho masih punya pemikiran seperti ini?

kalau pun ini memang terjadi pada sis Juanita…JANGAN kecil hati deh alias go head, sis!
sukses selalu untuk mu

mauliate godang tu hamu sude,

peace & love
~ds
(yg TIDAK punya ITO KANDUNG)
YM = dianasihotang
FS = dianabrsihotang@yahoo.com.sg
Blog = http://dianasihotang.blogspot.com/

~~~~~~~~~
from : ANITA 766hi, silalahi_juanita@xxx

Bermasalahkah status anak tunggal dalam adat Batak ?

Shalom…..
Horas tu sude dongan di milis on.

Aku mau sharing nich dan minta pendapat semua teman….

Kata orang , anak tunggal itu enak banget, karna kasih sayang orang tua seutuhnya buat dia seorang. Tapi kenyataanya ternyata gak bener juga, karena saat menjelang dewasa dan ingin menjalin hubungan serius ( menikah ) , status anak tunggal bisa jadi masalah. Karna ada beberapa orang tua tidak menginginkan menantu seorang anak tunggal dengan alasan bahwa cucunya kelak tidak akan punya seorang tulang kandung..
Saya sempet kaget mendengarnya Apakah itu sangat penting sekali?? padahal bisa sajakan si anak tunggal ini punya abang atau kakak dari bapak tuanya kandung yang nantinya akan jadi tulang buat si cucu, toh sama saja hanya saja bukan langsung dari satu orang tua.

Maka itu saya minta pendapat semua teman dan orang tua di milis ini.
Apakah di jaman sekarang ini, masih di permasalahkan punya pacar / calon menantu seorang anak tunggal khususnya mempunyai menantu perempuan anak tunggal?
dan apa alasannya…

Mauliate godang sebelumnya..

from:
http://groups.yahoo.com/group/Batak_Gaul/message/69665
http://groups.yahoo.com/group/Batak_Gaul-Chat/message/10785
http://groups.yahoo.com/group/si_raja-oloan/message/1106

About dianasihotang

dianasihotang TETAP dianasihotang.Moto-ku adalah BERBAGI karena dua tangan, dua mata, dua telinga, hati-akal fikiran, dan alat komunikasi, serta waktu yang ku punya sudah diberikan-NYA selama ini, kenapa tidak aku berikan dan gunakan untuk membalas kasih BAPA? Tentang diri-ku Siapakah diri-ku? Riwayat Hidup-ku? dan inilah niat BERBAGI-ku yang dipersembahkan HANYA untuk kemulian-NYA Selalu dalam salam KASIH DAMAI dari hati yang paling dalam. peace & love/~ds/dianasihotang

Posted on September 4, 2008, in Paket Sosial Budaya / Social & Culture and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Ito, jangan berkecil hati kalau tidak mempunyai ito kandung, sebab yg terpenting dihadapan Tuhan kita adalah sama. ADAT memang baik, tetapi kalau kita terfokus kepada hal yg demikian maka kita akan semakin kecil dilingkungan kita, percayalah tradisi kita orang batak hanya sebuah buatan manusia yang bisa dirubah oleh manusia itu sendiri. nyakinlah segala sesuatu adalah baik dihadapan Tuhan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: