Almanak – Kenali Alkitab Sejak Dini

Almanak HKBP / Kamis – 29 Oktober 2009

2Timothy_2TimotiusIngatlah juga bahwa dari kecil

engkau sudah mengenal Kitab Suci

yang dapat memberi hikmat kepadamu

dan menuntun engkau

kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

(2 Timotius 3:15)

 

 

 

Itu adalah perkataan Rasul Paulus kepada Timotius, murid dan penerusnya. Sebagai seorang pekabar atau pelayan Injil Timotius diingatkan agar tetap berpegang kepada kebenaran yang dia yakini sekalipun banyak orang justru meninggalkannya. Kesetiaan kepada kebenaran itulah sumber kekuatannya. Selanjutnya Rasul Paulus juga mengingatkan Timotius agar tetap bertekun membaca Kitab Suci yang telah dikenalnya sejak kecil. Pembacaan Kitab Suci itulah yang memberinya hikmat dan menuntunnya kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus.

Bagaimana dengan kita?

Nasihat yang sama juga ditujukan kepada kita. Yaitu agar kita berpegang teguh kepada kebenaran dan tidak ikut-ikutan banyak orang melepaskan atau mengabaikannya. Seterusnya agar kita bertekun membaca dan merenungkan Kitab Suci saban hari, dari minggu ke minggu, bulan ke bulan dan tahun ke tahun.

Manfaat pembacaan Kitab Suci tidaklah diperoleh seketika. Ayat Alkitab bukanlah semacam obat yang sekali diminum langsung bereaksi dalam tubuh. Atau seperti cabai yang begitu digigit langsung terasa di lidah. Atau seperti makanan cepat saji dipesan langsung jadi. Atau seperti sulap simsalabim seketika kelinci melompat dari dalam topi. Manfaat pembacaan Kitab Suci secara teratur dan disiplin terasa setelah bertahun-tahun yaitu setelah terbentuknya jiwa dan karakter kita, hikmat, dan keselamatan oleh iman kepada Kristus.

Tak ada kata terlambat. Bila Saudara dan saya belum membaca Kitab Suci secara sengaja teratur setiap hari, mulailah saat ini juga. Berjanjilah dan berjuanglah untuk melakukannya. Bila Saudara dan saya mempunyai anak-anak ajarlah mereka melakukannya juga. Percayalah tak ada yang sia-sia di sana. Suatu saat kita memetik buahnya dan hasilnya itu melimpah ruah.

Doa:

Ya Tuhan, bentuklah kami membaca dan merenungkan Kitab Suci pemberianMu saban hari. Tempalah jiwa kami berdisiplin dan bertekun. Isilah hidup kami dengan Roh Kudus dan penuhi kami dengan kasih. Kami ingin menjadi orang berhikmat dan memperoleh keselamatan yang Kauanugerahkan oleh kepada Kristus. AMIN.

Sumber: Ruma Metmet dot com (Pdt Daniel T.A. Harahap)

About dianasihotang

dianasihotang TETAP dianasihotang.Moto-ku adalah BERBAGI karena dua tangan, dua mata, dua telinga, hati-akal fikiran, dan alat komunikasi, serta waktu yang ku punya sudah diberikan-NYA selama ini, kenapa tidak aku berikan dan gunakan untuk membalas kasih BAPA? Tentang diri-ku Siapakah diri-ku? Riwayat Hidup-ku? dan inilah niat BERBAGI-ku yang dipersembahkan HANYA untuk kemulian-NYA Selalu dalam salam KASIH DAMAI dari hati yang paling dalam. peace & love/~ds/dianasihotang

Posted on October 30, 2009, in BERBAGI / SHARED OUT, KRISTIANI / CHRISTIANITY, Paket Renungan / Reflection, Paket Roti Hidup / Daily Bread, Paket Ruang Doa / The Prayers and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: