Serikat Kasih, Serikat Persaudaraan Kita

Melihat kebelakang sejenak sangat sulit bagi kita, kenapa…??

Selain kepala yang agak capek deh untuk menoleh, apalagi kalau disuruh untuk melihat kenangan lama buruk, atau indah kita…wouw dengan pasti Anda akan mengatakan, ‘buang-buang waktu saja lebih baik lihat yang sudah jelas di depan mata!’

Siapa yang mau membangkitkan kenangan buruk? Oke-oke saja seh kalau kenangan itu indah atau manis, kalau yang lainya, NO WAY!!

Tapi coba saya bawa Anda kembali menengok ke belakang sejenak, untuk mengingat kejadian-kejadian alam, kejadian-kejadian buruk yang telah menimpa saudara-saudara terkasih kita di Nangroe Aceh Darusallam, Nias, dan Medan hanya beberapa saatttttt…t saja…??

(akan aku tambahkan kembali mengenai kejadian buruk di Jawa Barat, Sumatera Barat, dan daerah-daerah lainnya)

Atau melihat mereka, saudara-saudara terkasih kita yang berada dalam keadaan kelaparan karena perang…??

Maukah saudara…??

Apa hasilnya??

Apakah masih terlintas kata NO WAY dalam otak dan kata-kata kita!!

Pada hari ini, Minggu, 10 April 2005, Pendeta Daniel Budiman (Pendeta GKI Depok) mengatakan bahwa, ‘hari ini seluruh umat GKI memakai judul kotbah dengan Kasih Persaudaraan Sebagai Tanda Kelepasan Dari Maut’. Dari sinilah keluar kata-kata dari sebuah kotbah yang menghasilkan bilur-bilur kasih dalam hati ini untuk mengungkapkannya. Semoga subjek kotbah minggu ini akan bergelinding dalam hati manusianya yang mendengar.

Serikat kasih, serikat persaudaraan, sangat diperlukan bagi kehidupan lepas pribadi kita. Kita beraktivitas, kita bergejolak, kita bersosialisasi, kita memandang, kita mendengar segalanya yang terjadi di sekitar kita. Apakah ini cukup hanya sampai di telinga saja??

Apakah ini hanya sebagai acuan untuk tulisan kita saja??

Apakah ini hanya menjadi batu sandungan dari kekerasan hati kita untuk ‘menoleh’ mereka??

Mari sahabat semua, kita harus berdiri bersama, bersatu dalam persaudaraan, bersatu dalam iman Kristus bagi SERIKAT KASIH, SERIKAT PERSAUDARAAN kita!?

Tunjukkan kepada saudara-saudara yang sangat dekat dengan area hidup kita, mereka yang berada disekeliling kita, bukalah hati kita untuk selalu memberikan ‘kasih persaudaran’ di antara kita sehingga tidak akan pernah lagi ada kata NO WAY dalam pemikiran, sehingga kita benar-benar dapat disebut utuh sebagai manusia yang mengemban tugas ‘besar’ untuk ‘menebarkan’ kail, ‘mengail’ ikan dengan kasih persaudaraan.

Tak lupa di akhir kebaktian minggu ini, kami, seluruh jemaat gereja menyanyikan lagu SERIKAT PERSAUDARAAN dengan semangat penuh rasa yang sangat menyentuh hati untuk selalu dapat kita renungkan bersama semoga bermanfaat bagi Anda semua…

SERIKAT PERSAUDARAAN

Kidung Jemaat 249 (sesuai pujian untuk hari ini)

Serikat persaudaraan, berdirilah teguh!

Sempurnakan persatuan di dalam Tuhan mu

Bersama-sama majulah dikuatkan iman

Berdamai, bersejahtera, dengan pengasihan

Serikat mu tetap teguh di atas alas an

Yaitu satu Tuhan mu, dan satulah iman

Dan satu juga baptisan dan Bapa satulah

Yang oleh mu sekalian dipuji, disembah

Dan masing-masing kamu pun dib’ri anugerah

Supaya kamu bertekun dan rajin bekerja

Hendaklah hati mu rendah, ta-hu Tuhan berpesan

Jema-at menurut firman-Nya berkasih-kasihan

by me (~ds/dianasihotang/ap-sunday-10apr05)

About dianasihotang

dianasihotang TETAP dianasihotang.Moto-ku adalah BERBAGI karena dua tangan, dua mata, dua telinga, hati-akal fikiran, dan alat komunikasi, serta waktu yang ku punya sudah diberikan-NYA selama ini, kenapa tidak aku berikan dan gunakan untuk membalas kasih BAPA? Tentang diri-ku Siapakah diri-ku? Riwayat Hidup-ku? dan inilah niat BERBAGI-ku yang dipersembahkan HANYA untuk kemulian-NYA Selalu dalam salam KASIH DAMAI dari hati yang paling dalam. peace & love/~ds/dianasihotang

Posted on December 4, 2009, in BERBAGI / SHARED OUT, Paket Renungan / Reflection and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: